Minggu, 14 Januari 2018

Cara Merawat Vespa Matic dan Klasik Untuk Pemula


Vespaindonesia - Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman serta tips bagaimana cara merawat agar vespa matic dan klasik masbro dan mbaksist bisa awet; baik itu dari segi bodi ataupun komponen mesin. Langsung saja, ya, masbro dan mbak sist: 



Cara merawat Vespa Matic Untuk Pemula

Vespa matic atau sebagian menyebutnya vespa modern merupakan vespa pemutakhiran yang dilakukan oleh Piaggio Italia untuk memenuhi tuntutan zaman. Tentunya banyak sekali perbedaan segnifikan antara si matic dan si klasik ini, salah-satunya adalah tranmisi. Kalau vespa klasik masin menggunakan sistem manual, lain halnya dengan vespa modern yang sudah mengadopsi sistem automatic. Lantas dari perbedaan itu, bagaimana sih cara merawat vespa matic, khususnya bagi pemula-- atau yang baru mengenal dunia per-Vespaan.  Mari kita kupas: 

CVT Vespa 
CVT atau singkatan dari Continously Variable Tansmission merupakan alat ataupun sistem penggerak automatic pada kendaraan roda dua atau pun roda empat yang sudah mengadopsi sitem mesin auotmatic. Bagian-bagian dari dari CVT itu sendiri terdiri dari Roller Variator, Vanbelt, Drumbreak dan Kampas Kopling.

Nah di sektor ini masbro harus dan wajib merawatnya, pergantian ataupun pembersihan pada cvt ini secara berkala harus dilakukan, minimal tiga bulan sekali, ini berlaku untuk vespa yang sering dipakai harian. Namun tenang masbro dan mbaksist kalaupun masbro belum bisa utak-atik sendiri ataupun malas benerin sendiri, di tanah air sudah banyak tersebar luas agen resmi Piaggio atau bengkel-bengkel vespa matic kenamaan yang pastinya sudah handal dan berpengelaman dalam memperbaiki vespa matic. 

Oli dan Filter Oli
Walaupun dalam buku panduan tertulis pergantian oli wajib dilakukan per 3000KM sekali, namun tidak ada salahnya melakukan pergantian per 1000 KM. Hal ini dimaskudkan agar komponen-komponen dalam gear box tidak mudah terkikis oleh kualitas oli yang sudah memburuk sedangkan untuk oli pelumas roda gigi  pergantiannya sama dengan  filter/ saringan oli yaitu dilakukan per-tiap 2 atau 3 kali ganti oli mesin.

Bersihkan Injektor per 10.000km
Pembersihan injektor harus dilakukan oleh yang berpengalaman dan pastinya menggunakan alat yang memang dibuat untuk pembersih injektor. Masbro dan mbaksist cukup mengunjungi dealer atau bengkel-bengkel vespa matic yang memang menyediakan jasa untuk membersihkan bagian ini.

Bagian-bagian Lain 
Maksud dari bagian lain di sini adalah; komponen seperti ban, lampu, kampas rem, karet silent blok dan lain-lain, bisa dikondisikan sesuai tingkat kerusakan pada vespa matic itu sendiri.



Cara Merawat Vespa Klasik Untuk Pemula  

Karburator
Penyebab yang paling berpengaruh dari karburator selain boros ialah tersendatnya suplai bensin ke ruang bakar, pernah kan masbro atau mbaksist mengalami vespa jalannya sering tersendat-sendat seperti yang habis bensin padahal bensin masih dalam keadaan full? nah ini salahsatu penyebabnya. Maka dari itu rutinlah membersihkan bagian ini. 

Jalur Pengapian
Jalur pengapian vespa klasik terdiri dari beberapa komponen, seperti: platina, koil, spul jalan, dan kondesor. Bila salah-satu dari komponen ini pincang, maka banyak sekali pengaruhnya semisal; busi kerap nembak, motor berebet, busi cepat hitam ataupun basah. Hal yang musti dilakukan adalah pergantian berkala, untuk waktu pergantian itu sendiri bisa persatu tahun sekali atau bahkan lebih. 

Untuk yang sudah menggunakan sistem CDI dalam pengapiannya, masbro gak usah khawatir. Vespa yang sudah mengadopsi sistem CDI jarang sekali terkena penyakit vespa yang sudah saya tulis di atas; bilapun mengalami hal demikian, segeralah konsultasikan pada mekanik kepercayaan masbro. 

Boring, Silinder Head dan Knalpot
Untuk pembersihan bagian ini, masbro wajib lakukan per setahun atau dua tahun sekali, hal ini dimaksudkan agar kerak-kerak sisa pembakaran bisa dibersihkan sehingga tidak membuat vespa masbro dan mbaksist kinerja mesinnya tidak optimal. Namun untuk mencegah atau mengantisipasi kejadian ini, maka masbro dan mbaksist wajib memilih oli campur dan bahan bakar yang berkualitas.

Oli mesin dan Plat Kopling 
Walaupun oli mesin Vespa klasik jarang sekali mengalami tingkat penyusustan, namun alangkah baiknya rutinlah menggantinya agar komponen-komponen yang dilumasi oli tersebut bisa bertahan lama, utamanya adalah di sektor kopling, pergantian oli dilakukan per tiga bulan sekali. Untuk plat kopling, masbro bisa melakukan pergantian per setahun sekali sesuai tingkat keausan plat kopling itu sendiri.

Bagian-bagian lain
Di bagian-bagian lain, semisal: kampas rem, bearing-bearing, stang piston, piston, oli seal dan lain-lain, pergantiannya bisa disesuaikan dengan tingkat kenyamanan vespa itu sendiri. Namun yang direkomendasikan dari bagian-bagian yang sudah saya sebutkan adalah per tiga tahun sekali, gunanya adalah agar mesin tetap terjaga kualitasnya.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar